Senin, 27 Februari 2012

Maksiat Hati

Diposting oleh Dhifa Kurniasari di 19.04
tau nggak sih apa yang dimaksud maksiat ?
maksiat bukan hanya berbuat hubungan intim diluar nikah loh ..
banyak banget macam-macam maksiat . yuk , kita sama-sama cari tau apa aja sih maksiat itu ?

yang kita bahas kali ini adalah MAKSIAT HATI
yang termasuk maksiat hati adalah :
1.  Riya (pamer) dengan baik. riya adalah berbuat karena manusia. riya itu dapat melebur pahala amal, sama halnya ujub (mengangungkan diri) untuk taat kepada Allah. nah, sayang kan ? kalo misalnya kita udah berbuat baik, dapet pahala tapi pahalanya dilebur karena kita berbuat riya. maka dari itu, sudah seharusnya kita sebagai umat muslim menghindari perbuatan riya.
 2. Ujub, adalah memandang atau menganggap bahwa ibadahnya adalah dari diri sendiri (bukan dari Allah) dan tidak menganggap semua ibadah tidak dari Allah. ragu-ragu terhadap wujud Allah, merasa aman dari upaya (siksa) Allah, putus asa dari rahmat Allah dan sombong kepada hamba-hamba Allah.
3. Sombong, adalah menolak kebenaran dari orang lain, menghina orang dan beranggapan bahwa dirinya lebih baik  daripada kebanyakan makhluk Allah.
4. Dengki, adalah merahasiakan sikap permusuhan dalam hati. apabila hal ini disertai perbuatan yang disertai kedengkian, maka haram.
5. Iri hati, adalah benci terhadap orang islam yang sedang mendapat nikmat. hal ini diharamkan apabila yang hasud itu tidak benci pada perbuatan hasudnya, atau beramal dengan perbuatan yang mengungkit-ungkit sedekah yang diberikan. sedangkan mengungkit-ungkit sedekah adalah dapat menghapus pahala sedekah
6. buruk sangka kepada Allah atau hamba-hamba-Nya, mendustakan takdir, bergembira ketika berbuat maksiat, baik dari diri sendiri atau oramg lain, mengingkari janji, walaupun kepada orang kafir, menipu, benci kepada sahabat Nabi, keluarga Nabi, dan orang-orang yang saleh serta kikir pada apa yang telah diwajibkan Allah.
7. tamak, tinggi hati dan menghina pada yang dimuliakan Allah Ta'ala atau meremehkan pada yang dibilang besar oleh Allah, adalah termasuk maksiat hati. misalnya mengenai taat, maksiat, Al-Quran, ilmu agama, surga, atau neraka.

Nah, itu tadi sedikit contoh beberapa maksiat hati .. mari kita sama-sama menghindari perbuatan-perbuatan tersebut untuk menuju surganya Allah Ta'ala .

0 komentar:

Posting Komentar

 

its our life Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea